CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 12 Januari 2013

Jadi Bilingual Baik untuk Otak




Diambil dari situs ->  Ghiboo.com , nih – Katanya Ikut kursus bahasa asing ternyata tak hanya membuat kamu menguasai bahasa tertentu, tetapi juga memberikan keuntungan bagi otak.

Salah satu penelitian yang diterbitkan di The Journal of Neuroscience menyarankan untuk belajar bahasa asing sedini mungkin.


Hasil penelitian oleh University of Kentucky College of Medicine di Lexington mengungkapkan menjadi bilingual sejak usia muda akan memiliki otak yang tetap awet muda.


"Artinya, orang yang bilingual lebih efisien menggunakan otaknya daripada yang monolingual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menjadi bilingual dapat memperkuat fungsi bagian otak frontal pada usia tua," jelas peneliti Brian T. Emas, Ph.D.


Berdasarkan hasil uji coba diketahui bahwa orang bilingual dan monolingual sama-sama mampu menyelesaikan tugas yang diberikan peneliti. Namun, orang bilingual mampu menyelesaikannya lebih cepat.


Hasil scan pada otak menunjukkan bahwa daerah kortek frontal di otak hanya menggunakan sedikit energi saat melakukan tugas tersebut. Sehingga, otak tak perlu membutuhkan banyak kekuatan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.


Selain itu, ukuran otak juga akan menyusut seiring bertambahnya usia. Namun, para peneliti melihat otak orang bilingual malah tetap tajam dan lincah ketika harus beraksi terhadap situasi, keadaan dan langsung pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar